Sabtu, 12 September 2009

JARINGAN SARAF

Jaringan syaraf mempunyai fungsi utama sebagai berikut:

1. Sebagai alat komunikasi di dalam tubuh:

Fungsi ini terlihat dari kemampuan jaringan syaraf dalam menerima, maerubah rangsangan (stimulus) menjadi impuls dan selanjutnya menyalurkan keseluruh syaraf dan berakhir pada syaraf pusat.

2. Sebagai alat koordinasi:

Semua aktivitas syaraf yang dimiliki ini diperlukan adanya koordinasi yang dilakukan oleh jaringan syaraf itu sendiri.

Kedua fungsi ini sangat erat hubungannya dalam menjalankan keselarasan fungsional untuk segala kegiatan hidup sehari-hari, sehingga individu tersebut dapat menyesuaikan dirinya terhadap perubahan yang terjadi di sekitarnya.

Pokok pembahasan jaringan syaraf ada dua aspek yaitu:

A. Organisasi jaringan syaraf

B. Morfologi jaringan syaraf

A. ORGANISASI JARINGAN SYARAF

Unit struktural jaringan syaraf yang merupakan bentuk satu kesatuan yang disebut NEURON. Unit kesatuan itu dapat berupa unit genetik, unit morfologik, dan unit tropik sistem syaraf. Bentuk kesatuan tersebut (Neuron) terdiri dari badan sel (cyton/soma) dan penjuluran sitoplasma. Penjuluran sitoplasma ini sering disebut Neurit (axon) dan Dendrit, sedangkan perikaryon merupakan bagian badan sel disekeliling nukleus. Selajutnya neuron bersama-sama dengan neuroglia yang bertindak sebagai sel-sel penunjang membentuk jaringan syaraf. Hubungan antara neuron sebagai pengantar impuls terjadi melalui sinaps. Jadi sinaps merupakan tempat hubungan neuron dengan neuron yang lainnya. Neuron menghantarkan impuls hanya kesatu arah saja yang dikenal dengan istilah Polarisasi Dinamik.

Doktrin Neuron :

1. Tiap neuron berasal dari stem sel embrional yaitu neuroblast yang memiliki informasi genetik untuk menjalankan fungsinya.

2. Tiap neuron adalah unit struktural yang terpisah secara jelas dengan unit neuron lainnya yang mengadakan kontak dengan unit-unit lainnya.

3. Unit-unit tersebut membentuk seperti rantai sel-sel yang merupakan mekanisme konduksi sistem syaraf.

4. Tiap neuron bertanggung jawab untuk nutrisi, metabolisme, dan pemeliharaan bagian komponen dirinya sendiri

Jaringan syaraf yang terdapat pada susunan syaraf pusat seperti cerebrum (otak besar), cerebellum (otak kecil), dan medulla spinalis akan dibahas lebih lanjut pada mata ajaran ORGANOLOGI.

B. MORFOLOGI JARINGAN SYARAF

Neuron mempunyai banyak tipe namun demikian mempunyai hungsi utama sama yakni menerima stimuli dari dalam lingkungan (interosepsi) dan menerima stimuli dari luar (exterosepsi). Kemampuan iritabilitas dan konduktivitas yang tinggi dari sitoplasmanya merupakan pendukung utama fungsi neuron tapi kemampuan regenerasinya sangat kecil.

Sel yang erat hubungannya dengan kelangsungan hidup/fungsional jaringat syarah adalah sel neuroglia. Sel neuroglia memegang peranan untuk proteksi, nutrisi , dan integritas struktural jaringan syaraf .

KLASIFIKASI NEURON

Neuron memiliki berbagai variasi ukuran, bentuk, jumlah prosesus sel, dan panjang prosesus sel. Morfologik neuron yang bermacam-macam ini menggambarkan adanya adaptasi terhadap perubahan fungsional yang terjadi sangat bervariasi.

Neuron dapat dibagi menjadi 2 kelompok yaitu neuron transmisi dan neuron sekretorik.

A. Neuron Transmisi

Merupakan bagian terbesar dari neuron. Sel neuron ini memiliki dendrit, badan sel, dan sebuah axon. Berdasarkan atas banyaknya penjuluran neuron transmisi ada beberapa tipe antara lain:

a. Neuron Unipoler Sejati: neuron ini hanya memiliki sebuah axon, tipe ini terdapat terbatas pada sistem saraf yang sedang berkembang. Selain itu juga ada yang tampak penjuluran yang keluar dari badan sel dan kemudian baru terjadi pemisahan antara neurt dan dendrit. Apabila penjuluran tersebut pendek dan segera terpisah disebut neuron pseudo-unipoler. Tipe neuron ini umumnya bersifat sensoris. Axon dan dendritnya bersatu dekat dengan badan selnya, tapi di badan sel masih terlihat terlihat sedikit terpisah sebelum penjuluran itu menyatu. Pada retina mata terdapat sel amacrin yang tidak memiliki axon, sehingga neuron ini juga disebut neuron-anaxonik.

b. Neuron Bipoler : neuron ini memiliki sebuah dendrit utama dan sebuah axon yang terletak pada kutub badan sel yang berlawan. Disini jelas terlihat dua penjuluran yang terpisah jelas keluar dari badan selnya, dimana yang satu sebagai neurit (axon) dan satunya lagi sebagai dendrit. Contoh neuron tipe ini terdapat pada: retina mata, ganglion vestibulare, Ganglion spinale, sel olfaktorius.

c. Neuron Multipoler : Neuron ini mempunyai banyak penjuluran, tapi yang jelas terlihat hanya satu akan berfungsi sebagai axon dan selebihnya sebagai dendrit. Tipe ini paling banyak ditemukan. Pada susunan syaraf pusat terbatas dijumpai pada: neuron piramidal, sel Purkinje, dan neuron motoris dari cornua ventralis tulang belakang.


Bila dilihat dari panjang pendeknya penjuluran, banyak sedik tipe percabangannya neuron multipoler dibedakan lagi menjadi:

(a) neuron golgi tipe I : disebut juga tipe Deiter. Tipe ini memiliki banyak dendrit dan sebuah axon yang panjang yang berakhir membentuk percabangan yang komplek disebut axon terminal atau telodendron. Dijumpai pada syaraf perifir yakni neuron preganglionik simpatik dan parasimpatik, neuron postganglionik simpatik.

(b) neuron golgi tipe II : neuron ini mempunyai banyak dendrit dan sebuh axon yang pendek dan berakhir tidak jauh dari badan selnya. Umumnya terdapat pada substansia grisea dan tidak sampai memasuki daerah substansia alba. Axon terminalnya disebut juga neuropodia. Contohnya terdapat pada: neoron di daerah kortek serebri, kortek serebelli, dan retina mata.

Neuron neurosekretorik

Adalah sel-sel syaraf spesifik yang mempunyai kemampuan mensintese, dan kemudian mentransport benda Herring melalui axonnya yang selanjutnya membebaskan berbagai zat (hormon) ke dalam darah. Hubungan antara sel ini dengan vasa darah disebut organ neurohemal. Beberapa sel neurohemal neuropypophyse (hypopise pars posterior) menghasilkan oxytocin dan anti diuretik hormon (ADH) . Selain itu ada juga sel neurohemal yang terdapat pada hypothalamusyang menghasilkan releasing factors (releasing hormon).


Morfologi sel syaraf:

Bentuk sel syaraf (perikaryon) umumnya bulat, dapat juga polihidral dengan diameter birkisar antara 4 – 150 mikron. Intinya bulat dan besar, kromatin relatif sedikit terletak di daerah eksentris sehingga nukleus terlihat sedikit pucat. Anak inti (nukleolus) umumnya satu mengandung RNA dan protein dasar, sehingga nukleolus bisa bersifat basofil atau asidopil tergantung jenis pengecatan yang dipakai

Perikaryon atau badan sel syaraf , mempunyai sitoplasma disebut neuroplasma, sedangkan pada axon/dendrit disebut aksoplasma. Di dalam plasma terdapat organel-organel sel seperti aparatus golgi, mitokondria, sentriola, paraplasma (pigmen/lemak), dan neurofibril. Selain itu juga terdapat butiran-butira di dalamnya mengandung zat sejenis protein/hormon yang disebut juga Benda Nissl yang terletak pada perbatasan badan sel dengan dendrit atau axon namun tidak dijumpai pada axon. Penelitian lebih lanjut dilaporkan bahwa Benda Nissl tidak lain adalah endoplasmik retikulum dengan bitir RNA. Benda Nissl jumlahnya pada badan sel sangat bervariasi tergantung aktivitas sel syaraf tersebuit, misal, pada keadaan lelah jumlahnya sedikit atau istirahat jumlahnya sangat banyak dan tidak dijumpai dalam keadaan patologik. Peristiwa hilangnya/berkurangnya benda Nissl ini disebut Khromatolisis. Khromatolisis ini bersifat reversibel. Bervariasinya benda Nissl merupakan ciri utama berbagai tipe neuron. Garanul-granul tersebut (benda-benda Nissl) sebenarnya merupakan kelompokan RER, ribosom bebas dan polysoma. Sehubungan kebanyakan neuron tidak menghasilkan protein untuk transport ekstraseluler. Maka dengan adanya benda Nissl yang jumlahnya berubah-ubah adalah cukup membingungkan. Hasil penelitian menyatakan bahwa dalam satu hari neuron dan memperbaiki 1/3 dari jumlah proteinnya dan benda Nissl diperkirakan berperan dalam proses pembentukan protein. Proses kromatolisis dibarengi dengan bertambahnya ribosom, RER, dan polysoma maka proses kromatolisis juga dapat diangga sebagai proses restorasi neuron itu sendiri. Pada pangkal axon di daerah perikaryaon tercat/terlihat terang karena kepadatan elektron rendah, daerah ini disebut axon-hillock

Berdasarkan klasifikasi Bodian secara fungsional neuron dapat dibagi dalam 3 zona :

1. Zona dendritik: adalah daerah neuron yang merupakan subjek dari stimulus eksitasi dan inhibisi. Termasuk dalam zona ini adalah: dendrit, badan sel, dan segmen permukaan axon. Impuls yang datang ke zona ini dapat menimbulkan atau tidak menimbulkan adanya aksi potensial dan respon bersifat bertingkat.

2. Zona Axonik: adalah meliputi segmen arborisasi ujung syaraf. Daerah ini merupakan bagian konduksi yang bersifat all or none

3. Zona Telodendritik: adalah meliputi modifikasi terminal yang memungkinkan terjadinya transfer secara listrik atau kimia ke neuron berikutnya atau ke organ efektor. Respon bersifat bertingkat.


DENDRIT

Dendrit berfungsi untuk memperluas permukaan neuron, mirip dengan cabang-cabang pohon. Dendrit biasanya lebih pendek dibandingkan dengan axon, bercabang-cabang secara kontunyu hingga terkecil. Permukaan dendrit maupun badan sel tertutupoleh spina atau gemmula yang merupakan hubungan synaps dengan axon terminal dari sel syaraf lainnya. Isi sitoplasma sama dengan sitoplasma badan sel. Benda Nissl hanya terbatas pada bagian proximal dendrit.

AXON

Axon atau axis silinder timbul dari axon hillock di perikarion. Prosesus yang tunggal ini permukaannya licin dan diameter ukurannya konstan. Sebelum berakhir pada efektor terlebih dahulu bercabang-cabang membentuk telodendron. Membran plasma axon disebut juga axolemma. Segmen permulaan tempat munculnya dari badan sel merupakan tempat permulaan myelinisasi, selain itu di tempat ini mempunyai ambang exitasi yang lebih rendah dibandingkan pada dendrit dan badan sel. Nodus ranvier terdapat pada beberapa tempat disepanjang axon bermyelin dan merupakan tempat diskontinyu dari selubung myelin.. Pada tempat tersebut axon disebungi oleh processus sitoplasmik sel glia. Pada Nodus Ranvier axon menebal. Secara fungsional Nodus Ranvier merupakan konduksi saltatorik impuls yaitu tempat meloncatnya gelombang depolarisasi dari satu nodus ke nodus berikutnya. Organel seperti mitokondria, neurotubulus, neurofilamen, SER, dan benda Nissl tidak dijumpai pada axon hillock maupun pada axon. Karena panjangnya prosesus maka akan terjadi masalah transportasi impuls maupun zat-zat lainnya. Aliran material ada 2 macam yaitu material yang mengalir dari badan sel disebut somatopugal (retrograde) dan aliran materian ke badan sel disebut somatopetal (anterograde).

Aliran somatopugal ada 2 macam yaitu: aliran axoplasmik lambat dan aliran axoplasmik cepat. Sebagian besar material dalam axoplasma bergerak lambat dengan kecepatan 0,5 – 5 mm/hari, hal ini diperlukan dalam mengangkut material yang besdar untuk pemeliharaan, penggantian organela yang sud ah tua atau untuk reparasi axon. Namun ada juga material yang mengalir dengan kecepatan 10 – 200 mm/hari yang merupakan aliran cepat. Aliran cepat ini menggunakan bantuan organel neurotubulus sebagai alat transport. Material yang diangkut dengan cepat ini digunakan untuk keperluan berlangsungnya fungsi synaps axon. Sehubungan sifat badan sel yang tanggap terhadap perubahan axon terjadi juga aliran somatopetal (anterograde)

TRANSFER INFORMASI

Neuron mengalami modifikasi untuk menimbulkan dan mengkonduksikan informasi ke seluruh tubuh dalam bentuk pesan elektrik. Hal yang sama pentingnya yaitu kemampuan neuron untuk mentransfer informasi ke organ efektor dan atau neuron.


Transfer informasi terjadi dengan 2 cara mekanisme:

1. Mekanisme transfer transmisi elektronik

2. Mekanisme transfer elektrokimia

MEKANISME TRANSMISI ELEKTRONIK

Transmisi elektronik pada jaringan syaraf terjadi pada tempat spesifik disebut efapses elektrotonic junctions atau disebut juga sinapses elektronik. Pada jaringan lain misal nexi disebut Gap junctions. Ruang yang terbentuk adalah sangat sempit sehingga tidak ada perbedaan konsentrasi ion antara kedua sel tersebut. Stimulus yang melalui efapses tidak perlu mengalami polarisasi untuk mengalirkan materi dari satu sel ke sel yang lainnya, sehingga aliran listrik dapat berjalan dengan cepat.

MEKANISME ELEKTROKIMIA

Sinapses merupakan tempat transmisi elektrokimia terjadi dan bersifat lebih umum dibandingkan dengan efapses. Aktivitas listrik pada membran sel syaraf presinaptik menyebabkan dibebaskannya substansi neurotransmiter yang melintasi ruang interseluler dan menghubungkan sisi reseptor pada membran sel post sinaptik. Persatuan antara sel neurotransmiter dengan sisi reseptor akan mengakibatkan perubahan yang dapat bersifat exitasi ataupun inhibisi. Proses pembebasan baik secara difusi maupun persatuan substansi transmiter pada sisi reseptor mengakibatkan waktu transmisi terhabat. Hambatan ini disebut Hambatan sinapses.

Ujung axon merupakan elemen membran presinaptik, sedangkan organ efektor merupakan membran postsinaptik. Kedua membran ini dipisahkan oleh ruang interseluler (celah sinaptik/synaptic cleft) yang lebarnya 6 – 20 nm dan mengandung material yang padat elektron dan filamen halus. Pada bidang membran postsinaptik terdapat penebalan yang disebabkan karena adanya filamen, dan penebalan ini disebut subsynaptic web. Pada ujung presinaptik terdapat mitokondria, neurofilamen, neurotubulus, dan vesikula sinaptik. Sitoplasma yang padat dapat ditemukan pada membran pre- maupun postsinaptik, kadang dapat juga dijumpai hanya pada salah satunya. Tidak seperti pada efapses maka sinapses kimia bersifat polar (aliran satu arah) yaitu sesalu dari membran presinapstik ke membran postsinaptik.

Bagian presinaptik axis silinder meluas membentuk bentukan seperti bola lampu atau seperti kancing baju. Perluasan pada ujung axon disebut boutons terminauuk sedangkan perluasan sepanjang axis silinder disebut boutons passage. Kedua macam perluasan ini dapat dijumpai pada axon dari serabut syaraf tak bermyelin atau pada nodus Ranvier dari serabut syaraf bermyelin.

Ujung axon dapat membentuk sinapses dengan berbagai bagian neuron lain yaitu:

1. axo-somatik

2. axo-dendritik

3 axo-axonal

4. dendro-dendritik

5. somato-dendritik

6. somato-somatik

Sinapses yang terbentuk antara sel syaraf dengan sel otot skelet disebut Junctura –neuro-muskuler.


NEUROGLIA

Jaringan ikat tubuh membentuk rangka utama pada sebagian besar organ tubuh. Rangka jaringan ini tidak hanya bersifat sebagai penyokong tetapi juga merupakan sarana tempat komponen vaskuler menyebar ke seluruh bagian parenchim. Model hubungan yang erat dan ketergantungan merupakan sifat struktural dari sistem syaraf perifir. Hubungan semacam ini tidak menojol pada sistem syaraf pusat. Neuroglia merupakan derivat ektoderm yang merupakan epithelium yang telah mengalami modifikasi secara unik. Epithelium ini tergantung pada jaringan pengikatnya tetapi terpisah dari padanya. Sistem syaraf pusat berasal dari perkembangan 2 macam sel yaitu satu kelompok sel membentuk neuron yang berkembang membentuk bangunan geometris yang komplek dan kelompok yang lainnya berkembang diantara neuron. Kelompok sel kedua ini yang dikenel dengan neuroglia (sel glia). Neuroglia berfungsi membentuk rangka penyokong atau stroma sistem syaraf pusat. Selain itu neuroglia juga membentuk pelekat neuron yang mengikat neuron bersama-sama. Disamping sebagai penyokong juga mempunyai fungsi sebagai proteksi, penyuplai nutrisi, dan fungsi-funsi lainnya untuk integritas neuron. Neuroglia juga terdapat pada sistem syaraf perifir.

Berdasarkan ukurannya terdapat dua macamneuroglia: yaitu makroglia dan mikroglia.

Yang tergolong makroglia adalah:

  1. oligodendrosit
  2. astrosis
  3. ependima
  4. amfisit
  5. sel Schwann
  6. sel Muler

Yang tergolong mikroglia adalah :

  1. mikrogliosit

Selain berdasarkan atas bentuk ukuran sel neuroglia dapat juga digolongkan berdasarkan hubungannya dengan sistem syaraf pusat sistem syaraf perifir yaitu:

Gliasentral : termasuk di dalamnya adalah

  1. oligodendrogliosit
  2. astrosit
  3. ependima
  4. sel Muller
  5. mikrogliosit

Gliaperifir:

  1. ampisit
  2. sel Schwann

Dengan pengecatan rutin ( HE ) badan sel dan prosessus sel dari neuroglia tidak begitu jelas terlihat. Gliaperifir madah diidentifikasi berdasarkan dengan melihat hubungannya dengan elemen sistem syaraf perifir.

Neuropil merupakan istilah untuk menggambarkan susunan mirip jala yang komplek yang terdapat pada sel-sel sistem syaraf pusat. Pada neuropil terdapat processus sel (axon dan dendrit) serta elemen neuroglia substansia grissea.

Oligodendrogliosit

Oligodendrogliosit merupakan neuroglia yang terbesar jumlahnya. Ciri-ciri spesifik : nukleus kecil, bentuk bulat atau oval, mengandung heterochromatin dalam jumlah sedang. Nukleusnya bervariasi dari besar dan pucat sampai kecil dan gelap. Secara umum, nukleusnya lebih kecil dan lebih bulat dari pada nukleus astrosit. Sitoplasmanya kurang padat, processus sedikit, sel-sel ini terjepit antara processus sel dan badan sel saraf. Juga memiliki hubungan erat dengan kapiler darah. Oligodendroliosit dapat menempati posisi perineuronal, perivaskuler, atau intervasikuler. Oligodendroliosit perineurel memiliki fungsi nutrisi. Pada otak kucing kira-kira 90% permukaan badan sel tertutup oleh sel ini.

Oligodendrogliosit berperan pada proses melenisasi processus sel di sistem saraf pusat. Fungsi ini mempengaruhi kecepatan produksi sepanjang processus sel saraf.

Astrosit

Dalam sistem saraf pusat jumlahnya no. 2 sesudah oligodendroliosit. Ada 2 macam astrosit yaitu astrosit fibrosan dan protoplasmik. Yang protoplasmik lebih kaya protoplasma dari yang lain. Astrosit fibrosa lebih banyak ditemukan pada substansialba sedang yang protoplasmik yang lebih banyak ditemukan pada substansia grisea. Keduanya memiliki nukleus besar, bulat atau oval biasanya sangat pucat. Granula chromatin halus kadang-kadang tampak menggumpal di perifer.

Astrosit penting sebagai penyokong struktural pada otak dan medula spinalis. Sel ini juga berperan pada proses reparasi dan pembentukan parut pada sistem saraf pusat. Astrosit dapat mengalami hipertrodi, hiperprasi dan bersifat fogositik. Astrosit berfungsi sebagai isolator permukaan reseptor sel saraf. Secara klasik sel ini berfungsi sebagai barier/ penghalang hubungan darah dan otak.

Mikrogliosit

Terbesar di sistem saraf pusat, sitoplasma tidak padat, nukleus kecil dan gelap. Nukleus dapat bulat, punya identasi atau berbentuk tidak teratur. Processai sel banyak. Sel ini dimasukkan dalam sistem makrofag yang berasal dari promonosit sumsum tulsng nerah. Tetapi tidak semua peneliti sependapat. Mikrogliosit hanya dapat melakukan fogositosis kalau kerusakan kecil. Kalau kerusakan yang terjadi besar, maka sel fogositik bermigrasi dari vasa darah untuk membantu mikrogliosit.

Sel Muller

Sel Muller merupakan elemen neugrolia yang spesifik, terdapat pada retina mata.

Ependima

Merupakan elemen neuroglia yang membatasi canalis neuralis. Sel-sel ini membatasi canalis neuralis medulla spinalis dan keempat ventrikel yang terdapat pada otak. Lapisan ini memiliki gambaran yang menyolok pada tempat-tempat pada plexus chorioideus karena sel-sel mengalami modifikasi yang cukup jauh. Pada emberyo sel ependima berbentuk kuboid atau kolumner rendah. Sel epindema memiliki nuklei besar dan pucat, nekleoli satu atau lebih. Pada dewasa, tepi basal dipisahkan dari jaringan saraf oleh membran basalis. Pada hewan muda, modifikasi basal sangat komplekx dam processus sitoplasmatiknya dapat meluas sampai ke jaringan saraf.

Fungsi sel epindema bermacam-macam, antara lain untuk pembentukan cairan cerebro-spinal. Proses pembentukan cairan cerebrospinal tidak hanya terbatas pada sel epindima di daerah plexus choriadius tetapi terjadi juga pada daerah yang tersebar di ventrikel otak. Sel ependima yang bersilia berfungsi untuk menggerakkan cairan cerebrospinal pada sistem ventrikel otak. Ujung-ujung saraf pada lapisan ependima bersifat sensorik. Cairan cerebrospinal yang dihasilkan oleh sel ependima mungkin berperan untuk transport hormon. Tanycyt adalah sel spesifik yang terdapat pada lapisan ependima, terutama ditemukan pada dinding ventrikeltertius. Sel ini memiliki processus basal, panjang tak bercabang yang meluas ke areal subependima dan berakhir pada kapiler di area tersebut, Sel-sel ini mungkin tidak hanya berfungsi struktural, mereka mungkin berperan untuk transport dan/ atau aktivitas sekretorik.

Organ subependima mungkin berperan untuk menghasilkan sel-sel pengganti neuroglia sepanjang kehidupan organisme.

Amfisit

Amfisit (sel satelit, sel kapsul) glia perifer merupakan sel neuroglia yang mengelilingi neuron ganglia. Sel-sel ini membatasi prikaryon ganglia, mungkin melanjutkan diri ke selubung Schwann. Amfisit mungkin memiliki hubungan erat dengan oligodendrogliosit.

Sel Schwann

Sel Schwann glia perifer berhubungan dengan serabut saraf. Mereka membungkus serabut dan berperan pada pembentukan myelin. Sel-sel ini mungkin memiliki hubungan erat dengan oligodendrogliosit.

Hubungan antara Neuron dan Neuroglia

Melalui perkembangannya neuron sistem saraf pusat memiliki hubungan erat dengan sel neuroglia sentral. Oligodendrogliasit membentuk hubungan unik dengan neuron yaitu dengan pembentukan selubung myelin pada processus sel saraf pada sistem saraf pusat. Processus sel saraf dan beberapa neuron (sel ganglion) terdapat pada sistem saraf perifer dan diselubungi elemen neuroglia yang memiliki hubungan dengan badan sel dan processus sel mirip seperti yang digambarkan pada sistem saraf pusat.

Struktur hubungan antara neuron dengan sel neuroglia bervariasi. Amfisit sel ganglion membentuk selubung sel tunggal diseluruh sel. Serabut saraf tak bermyelin diselubungi invaginasi plasmalemma sel Schwann. Serabut saraf bermyelin juga diselubungi oleh invaginasi sel Schwann yang membentuk selubung myelin. Selubung myelin terdiri dari lipatan-lipatan memberan.

Selubung Sel Ganglion. Sel ganglion adalah sel saraf yang merupakan bagin dari sistem saraf perifer. Kumpulan badan sel saraf disebut ganglia. Badan sel dibungkus oleh satu lapisan sel disebut amfisit. Meskipun amfisit biasanya berupa selubung kontinyu ganglion seperti pada ganglian radix dorsalis, pada ganglian autonom dapat tidak lengkap. Selubung tidak terbatas pada badan sel tetapi dapat meluas ke bagian dendrit maupun bagian segmen permulaan axon. Amfisit berakhir pada saat sel Schwann mulai muncul.

Serabut Saraf Tak Bermyelin. Sel Schann membentuk selubung processus sel saraf. Serabut Saraf Tak Bermyelin atau serabut Remak, merupakan serabut kecil yang tak bermyelin atau hanya diselubungi satu lapisan myelin. Serabut-serabut itu diselubungi oleh invaginasi memanjang sel Schwann. Tetapi serabut tersebut tidak di dalam sitoplasma, tetapi hanya dibungkus oleh plasmalemma sel Schwann. Selubung semacam itu disebut selubung Schwann atau selubung neurolemma. Sel Schwann di sebut juga sel neurolemma. Plasmalemma sel Schwann yang membungkus axis silinder disebut mesaxon. Sebuah sel Schwann dapat membentuk selubung untuk banyak serabut saraf. Karena sebuah sel Schwann hanya dapat membentuk selubung serabut pada jarak yang terbatas, maka selubung neorolemma terbentuk dari deretan sel Schwann yang tersambung-sambung. Lamina basalis yang terletak di perifer selubung neurolemma, membungkus sel Schwann dan memisahkannya dari ruang jaringan pengikat.

Fungsi sel Schwann disini yang tepat belun jelas. Tetapi mungkin untuk proses reparasi. Serabut saraf tak bermyelin berukuran kecil, kecepatan konduksi kecil.

Serabut Saraf Bermyelin

Ini merupakan serabut saraf yang paling besar dan memiliki kecepatan konduksi yang tertinggi. Fungsi myelin disini sama dengan isolator pada kabel listrik. Oligodendrogliosit dan sel Schwann bertanggung jawab untuk pembentukan myelin. Meskipun cara dan produk akhir sedikit berbeda, tetapi hasil akhir menunjukan bahwa serabut saraf dibungkus selubung myelin.

Axis silinder atau processus sel saraf memiliki axio plasma dan dibatasi oleh membran sel, disebut axolemma. Ruangan dekat axis slinder terisi dengan selubung myelin. Pada pengecatan rutin, hilangnya lipida akan mengubah gambaran gulungan membran. Yang tertinggal hanyalah komponen nonlipida selubung myelin disebut neurokeratin, tampak sebagai jari-jari roda. Di perifer neurokeratin terdapat sel Schwann. Sel memiliki nukleus besar, vesikula dengan gumpalan chromatin di perifer. Sitoplasma sel Schwann yang membatasi myelin disebut neurolemma atau selubung Schwann.

Sebuah sel Schwann tidak menyelubungi seluruh panjang serabut saraf, tetapi sebuah serabut saraf diselubungi oleh sel-sel Schwann yang bersambung-sambung. Tempat persambungan ini disebut nodus Ranvier . Nodus ini tampak sebagai bagian yang menyempit yang tidak memiliki myelin, tetapi processus sel Schwann tetap menyelubungi axolemma. Axis silinder sendiri tidak pernah terputus di rodus.

Gambaran elektron mikroskopik lebih menjelaskan hubungan antara selubung myelin, axis silinder dan elemen neuroglia . Selubung myelin terbentuk dari gulungan kontinyu yang dibentuk oleh processus sitoplasmatik sel neuroglia. Mesaxon internal dibentuk oleh processus sel Schwann yang berhadapan dengan processus sel saraf. Mesaxon internal merupakan gambaran yang sama terletak disebelah perifer myelin. Sebelah luar selubung myelin terbungkus sitoplasma sel Schwann yang berperan pada proses myelinisasi. Sebuah lamina basalis membatasi sel Schwann dan memisahkannya dari jaringan pengikat disekitarnya.

Myelinasi

Proses myelinasi serabut saraf dari sistem saraf perifer merupakan akibat dari hubungan yang erat antara serabut saraf dan sel Schwann. Myelinasi pada serabut saraf sistem saraf pust terjadi karena adanya hubungan erat antara serabut saraf dan oligodendrogliasit.

Banyak serabut saraf tak bermyelin diselubungi oleh sebuah sel Schwann. Pada proses myelinasi pada saraf perifer maka sebuah serabut saraf mengisi invaginasi sepanjang sel Schwann. Suatu penjuluran berbentuk mirip lidah dari sel Schwann membungkus mengelilingi axis silinder. Selanjutnya sitoplasma dari penjuluran menghilang, sehingga membran plasma menjadi saling berdekatan. Derajad myelinasi atau tebalnya selubung myelin tergantung pada banyaknya putaran selama terjadi proses myelinasi. Sebuah sel Schwann bertanggung jawab pada proses myelinasi serabut saraf antara sebuah nodus Ranvier dengan berikutnya.

Ada sedikit perbedaan antara proses myelinasi di perifer dan di sentral. Jaringan pengikat tidak banyak ditemukan di sistim saraf pusat. Serabut saraf bermyelin yang berdekatan tidak dibatasi dengan lamina basalis. Badan sel oligodendrogliasit dapat membentuk selubung myelin tetapi berhubungan dengan myelin melalui processus sel. Sebuah oligodendrogliasit dapat membentuk selubung untuk lebih dari 1 sel saraf, maupun menyelubungi lebih dari satu daerah internodal.

Sel neuroglia penting untuk memelihara integritas selubung myelin di samping untuk proses remyelinasi setelah terjadi demyelinasi setelah serangan penyakit atau akibat kerusakan.